Niguru.com | Jumat, 27 Ags 2019 | dalam membuat suatu daftar yang panjang pada aplikasi MS (Microsoft) Excel, kadangkala terselip beberapa baris kosong diantara baris-baris data tersebut.
Baris kosong bisa karena data yang ada pada baris tersebut sudah dihapus, bisa juga baris kosong tersebut terbentuk tanpa sengaja akibat kesalahan input data, atau bisa juga terbentuk tanpa sengaja akibat kesalahan penghapusan data.
Pada posting kali ini Niguru.com akan menjelaskan cara untuk menghapus baris-baris kosong yang ada pada working sheet (sheet terbuka dimana user sedang gunakan untuk bekerja), secara sekaligus.
Berikut ini langkah-langkahnya:
Klik tab Developer > View Code
Ketikkan instruksi VBA sebagai berikut:
Sub DelEmpty()
Dim BottomLimit As Integer
BottomLimit = ActiveSheet.UsedRange.Row + ActiveSheet.UsedRange.Rows.Count - 1
For r = BottomLimit To 1 Step -1
If Application.CountA(Rows(r)) = Empty Then Rows(r).Delete
Next r
End Sub
Klik icon SAVE (icon lambang disket)
Bila langkah yang anda lakukan benar maka bila anda klik tab Developer > Macro akan tampil nama sub program “DelEmpty” pada daftar macro.
Untuk mengujinya, buat saja beberapa baris kata (apa saja) beberapa baris kebawah. Sisipkan baris-baris kosong diantara baris-baris berisi data. Perhatikan contoh pada gambar berikut:
Klik icon macro > klik tombol: Run
Hasilnya semua baris kosong hilang:
Demikianlah VBA untuk menghapus sekaligus seluruh baris-baris kosong pada sheet tertentu.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)
www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)
No comments:
Post a Comment