Niguru.com | Selasa, 12 Nov 2019 | Posting kali ini melanjutkan posting sebelumnya yang membahas langkah-langkah untuk modifikasi Form Bukti Penerimaan Menjadi Form Bukti Pengeluaran, yang dibuat dengan menggunakan aplikasi MS (Microsoft) Access. Dimana pada bagian pertama dijelaskan mengenai modifikasi tabel dan form.
Pada posting kali ini Niguru.com akan melanjutkan penjelasan dengan langkah-langkah untuk memodifikasi report dan dilanjutkan dengan langkah-langkah untuk melakukan finishing, agar aplikasi dapat bekerja dengan tampilan yang bagus.
Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Klik tab Reports
2. Rename report menjadi r_pengeluaran (boleh menggunakan nama lain)
3. Klik icon Design
Edit judul menjadi BUKTI PENGELUARAN
1. Edit judul menjadi BUKTI PENGELUARAN
2. Edit label NomorBuktiPenerimaan menjadi NomorBuktiPengeluaran, DiterimaDari menjadi DibayarKepada, dan UntukPenerimaan menjadi UntukPembayaran
Simpan (save) report yang sudah diedit.
Klik menu > Tools > Startup
1. Edit Aplication Title menjadi Form Bukti Pengeluaran
2. Edit Display Form Page menjadi f_pengeluaran
3. Klik OK
Tutup MS Access dan ulangi buka kembali aplikasi Form Bukti Pengeluaran, untuk melihat hasilnya.
Bila langkah-langkah yang anda lakukan benar maka saat aplikasi dijalankan akan langsung tampil Form Bukti Pengeluaran:
Tampilan report bila tombol Preview Report ditekan:
Tekan [Ctrl + P] untuk mencetak report ke printer.
Demikianlah langkah-langkah untuk membuat sendiri Form Bukti Pengeluaran dengan menggunakan aplikasi MS Access.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)
www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)
No comments:
Post a Comment