Pada posting kali ini Niguru.com akan melanjutkan pembahasan dengan menjelaskan mengenai suatu yang dapat berfungsi untuk membatasi jumlah karakter.
variabel= "text"[:jumlah_karakter]
Contoh:
a= "Niguru"[:3]
Maka variabel a = "Nig" karena hanya 3 karakter yang dipindahkan ke variabel a.
Untuk contoh program berikutnya, Niguru.com akan menggunakan 2 buah function berikut ini:
def cetakteks():
a=input01.get()
b=a[:20] #membatasi input agar hanya sampai 20 karakter
label01["text"]=b
def hapusteks():
global input01
input01=Entry();input01.place(x=10,y=10,width=250)
input01["text"]=""
label01["text"]=""
Function cetakteks berfungsi mengambil data dari input01 dan menampilkan pada label01:
Function hapusteks berfungsi mengosongkan kolom pada input01 dan menghapus teks pada label:
Niguru.com membuat sebuah kolom input bernama input01, sebuah tombol dengan teks: "Tekan tombol", sebuah tombol dengan teks: "X", dan sebuah label dengan nama label01:
input01=Entry();input01.place(x=10,y=10,width=250)
tombol01=Button(text="Tekan tombol",command=cetakteks)
tombol01.place(x=260,y=10)
tombol02=Button(text="X",command=hapusteks)
tombol02.place(x=350,y=10)
label01=Label(layar,font=("Tahoma",20,"bold"))
label01.place(y=50)
Hasilnya bila ditampilkan pada form menjadi seperti ini:
Script selengkapnya dari keseluruhan program, yang sudah menghubungkan kolom input, tombol, label dengan function adalah sebagai berikut:
#---------------------------------------------------
def cetakteks():
a=input01.get()
b=a[:20] #membatasi input agar hanya sampai 20 karakter
label01["text"]=b
def hapusteks():
global input01
input01=Entry();input01.place(x=10,y=10,width=250)
input01["text"]=""
label01["text"]=""
#---------------------------------------------------
from Tkinter import *
layar=Tk()
layar.title("INPUT SECARA GUI")
layar.geometry("400x100")
input01=Entry();input01.place(x=10,y=10,width=250)
tombol01=Button(text="Tekan tombol",command=cetakteks)
tombol01.place(x=260,y=10)
tombol02=Button(text="X",command=hapusteks)
tombol02.place(x=350,y=10)
label01=Label(layar,font=("Tahoma",20,"bold"))
label01.place(y=50)
layar.mainloop()
Simpan dengan nama inputgui03.py (boleh disimpan dengan nama lain):
Bila progam tersebut dijalankan hasilnya:
Bila diketikkan input:
Setelah tombol "Tekan tombol" ditekan:
Note:
Teks terputus hanya sampai 20 karakter.
Bila tombol "X" ditekan maka form kembali seperti saat program dimulai:
Note:
Dalam prakteknya biasanya aplikasi yang membutuhkan PIN atau password membutuhkan jumlah karakter yang terbatas. Misalnya nomor pin KeyBCA yang dibatasi hanya 6 angka saja.
Demikianlah contoh aplikasi GUI yang dibuat dengan Tkinter. Dan penjelasan mengenai cara pembuatan aplikasi GUI ini akan dilanjutkan pada posting berikutnya.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)
No comments:
Post a Comment