Niguru.com | Jumat, 28 Feb 2020 | Saat pandemi virus Corona mulai berjangkit di seantero dunia, maka berbagai aktivitas kerja banyak yang beralih menjadi WFH (Work From Home), dan salah satu aktivitas rutin dari pekerjaan adalah melakukan regular meeting.
Aplikasi Zoom yang diciptakan oleh Eric Yuan, adalah aplikasi yang cocok untuk mengakomodir kebutuhan online meeting ini.
Pada posting kali ini Niguru.com akan menjelaskan langkah-langkah untuk menjalankan online meeting dengan bantuan aplikasi Zoom.
Berikut ini langkah-langkahnya:
Masuk ke URL: https://zoom.us > klik: Sign Up Free:
Ketikkan alamat email > klik: Sign Up:
Server Zoom akan secara otomatis mengirimkan email, ke alamat email yang anda ketikkan.
Periksa email masuk dari Zoom dan klik: Activate Account:
Are you signing up on behalf of a school? > No > Continue:
Ketikkan nama dan password > Save:
Pada saat tampil halaman Sign In dari Zoom, ketik alamat email dan password yang sudah dibuat sebelumnya pada saat Sign Up > klik: Sign In:
Untuk mulai membuat meeting baru, klik: New Meeting:
Klik: Start a Meeting:
Untuk menambah peserta meeting, klik: Participants:
Klik: Copy URL:
Kirimkan URL kepada orang yang diundang untuk meeting lewat pengirim pesan atau chat (bebas), misal: SMS, Hangout, Whatsapp, Line, KakaoTalk, WeChat, dan lain sebagainya, dengan melakukan paste pada aplikasi tersebut:
Penerima undangan tinggal masuk ke halaman yang sesuai dengan URL yang dikirimkan, bisa menggunakan HP (handphone) /smartphone, bisa juga menggunakan komputer > klik: Open Zoom Meetings:
Hasilnya, tampilan video dari peserta meeting akan ditampilkan pada halaman meeting dari Zoom, dan meeting dapat dimulai setelah semua peserta hadir:
Demikianlah langkah-langkah untuk menggunakan Zoom sebagai media untuk melakukan online meeting.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)
www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)
No comments:
Post a Comment