Niguru.com | Jumat, 14 Jun 2019 | Setiap perusahaan yang mempunyai departemen /divisi penjualan tentu perlu mencatatkan data mengenai customer yang membeki produk dari perusahaan tersebut, sebagai bagian dari pencatatan data penjualan.
Pada posting kali ini Niguru.com akan menjelaskan cara untuk membuat form Customer dengan menggunakan aplikasi MS (Microsoft) Access. Dari mulai pembuatan tabel sebagai tampilan fisik dari bagian penampungan data pada database, sampai ke pembuatan form.
Berikut ini langkah-langkahnya:
Buat tabel Customer, dengan field: IDCustomer, Name, Address, Phone dan Desc, dengan nama t_customer (boleh menggunakan nama lain):
Hasilnya, setelah dibuka dan diisi data:
Buat sub form untuk mencatatkan daftar customer, dengan nama f_sub_customer (boleh menggunakan nama lain), dengan data source (sumber data) berasal dari tabel t_customer:
Hasilnya:
Buat main form (form induk) untuk menampilkan daftar customer dengan tampilan yang lebih baik, dengan menempatkan f_sub_customer sebagai sub form:
Hasilnya:
Demikianlah langkah-langkah untuk membuat form Customer dengan menggunakan aplikasi MS Acess.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)
www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)
No comments:
Post a Comment